Resep: Mie Telur Bunga Telang

Mie Telur Bunga Telang. Acara tasyakuran pre-launching Kopi Oemah Martani Babadan. Lauknya nasi biru bunga telang, buat juga telur biru bunga telang. Sebagai pewarna alami makanan, bunga telang bisa digunakan pada aneka panganan.

Mie Telur Bunga Telang Telur di rebus dulu, di kupas.lalu di rebus kembali dengan sari air bunga telang dan kita tambahkan air serta garam sedikit untuk perasa telurnya. Assalamualaikum, di hari spesial #SemuaTentangIbu saya membuat Tumini dari bunga Telang. Awalnya ga niatan buat ini, tapi pas liat bunga telang ingat resep dari mbak Wita Lawin jadi langsung berbelok membuat nasi bunga Telang. Anda dapat mengolah Mie Telur Bunga Telang dengan 6 bumbu and 6 langkah. Berikut ini adalah cara untuk memasak makanan tersebut.

Bahan-bahan dari Mie Telur Bunga Telang :

  1. Sediakan 250 gr tepung terigu protein tinggi.
  2. Siapkan 1 butir telur.
  3. Siapkan 1/2 sdt garam halus.
  4. Siapkan 50 ml air panas.
  5. Siapkan 2 gr bunga telang kering.
  6. Sediakan 1 sdm minyak sayur.

Masak sampai mendidih, kemudian matikan kompor biarkan agak dingin. Kemudian tuang dalam gelas sebagai layer kedua. Lihat juga resep Teh Bunga Telang dan Lemon enak lainnya. Clitoria Ternatea adalah nama latin dari bunga ini.

Langkah-langkah memasak Mie Telur Bunga Telang :

  1. Seduh bunga telang dalam air panas, aduk rata dan biarkan selama 15 menit sampai air bunga telang menjadi biru pekat. Biarkan hingga dingin lalu saring dan peras ampas bunganya..
  2. Siapkan mangkuk/baskom, masukkan tepung terigu, garam, telur, minyak, dan air bunga telang. Aduk rata lalu uleni hingga kalis, bulatkan. Tutup adonan dengan kain bersih dan biarkan selama 15 menit..
  3. Potong adonan menjadi beberapa bagian. Ambil 1 bagian adonan lalu giling adonan menggunakan penggiling mie mulai dari ukuran paling besar hingga tipis (ketebalan akhir sesuai selera ya), sambil di taburi tepung tapioka supaya tidak lengket. Potong adonan mie..
  4. Rebus dalam air mendidih yang di kasih sedikit minyak hingga matang (sekitar 2 menit). Angkat dan tiriskan lalu tuangkan sedikit minyak sayur kedalam mie yang telah di rebus supaya mie tidak menempel antara satu sama lain..
  5. Mie siap digunakan..
  6. Ini saya pakai buat mie ayam. Mienya kenyal, enak..

Bunga biru nan cantik dengan jenis pohonan yang merambat. Di Indonesia bunga ini dikenal dengan nama Telang dan di luar negeri dikenal dengan nama Butterfly Pea karena bentuknya seperti kupu-kupu. Bunga ini sering tumbuh liar di pagar-pagar bahkan jalanan, namun tenang saja bisa dibudidayakan juga kok. Bunga Telang Awalnya, saya hanya menggunakan bunga telang ini sebagai obat tetes mata, ternyata bunga telang ini juga bisa dijadikan pewarna makanan, lho. Bunga telang yang memberi warna biru keunguan ini banyak tumbuh di Asia, tapi memang agak susah untuk mencarinya sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep: Randem (Gorengan Ampas Tahu)

Resep: Ceker mercon yang menggugah selera

Resep: Sop Tetelan Sapi